Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat Temulawak

indoherba.net – Temulawak adalah salah satu bahan rempah-rempah yang cukup populer di Indonesia. Memiliki nama latin curcuma xanthorhiza roxb tanaman ini sudah banyak digunakan sebagai ramuan minuman atau jamu tradisional, juga sebagai bahan dasar dari beberapa obat herbal.

Secara turun temurun, temulawak diyakini memiliki beragam khasiat dan manfaat. Sudah sejak dahulu temulawak dijadikan bahan sebagai pembuat obat dan jamu. Untuk saat ini temulawak sudah sering digunakan sebagai bahan campuran berbagai obat modern dan cream.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat Temulawak

Berikut adalah khasiat dan manfaat dari tanaman obat temulawak yang bisa digunakan sebagai obat tradisional alternatif. Antara lain :

Menambah nafsu makan

Nafsu makan selalu menjadi masalah klasik para ibu berkaitan dengan buah hati. Temulawak sejak dahulu selalu di jadikan jamu agar dapat meningkatkan nafsu makan. Jika anda akan membeli produk herbal untuk menambah nafsu makan, maka bahan dasar temulawak sangat disarankan.

Mengobati gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti kembung, diare, atau bahkan dispepsia ternyata dapat diobati dengan ramuan dari temulawak. Dengan mengkonsumsi minuman temulawak secara rutin menjadi solusi penyembuhan pencernaan.

Anti peradangan

Pada Temulawak terdapat kandungan kurkumin dan fenibutazon yang dapat membantu mengobati peradangan. Adanya hambatan perpindahan sel-sel leuksit menuju ke daerah radang.

Mengatasi kram perut saat haid

Untuk mengurangi rasa sakit dan kram perut pada masa haid, maka para wanita disarankan mengkonsumsi minuman dari temulawak. Sehingga terhindar dari rasa sakit dan mual.

Khasiat dan Manfaat lain dari Temulawak

  • Memengaruhi metabolisme lemak
  • Memelihara fungsi hati
  • Meredakan derita asma
  • Pengobatan sakit ginjal
  • Mengurangi kelelahan otot
  • Sebagai Antioksidan
  • Mencegah darah kotor

Efek Samping Temulawak

Dalam jangka panjang, temulawak disinyalir memiliki efek samping jika di konsumsi secara rutin. Terutama untuk para penderita penyakit lambung.

Efek samping yang ditimbulkan berupa iritasi lambung sehingga menimbulkan gejala seperti mual-mual dan muntah-muntah. Selain itu untuk para wanita hamil dan menyusui kurang disarankan meskipun belum ada penelitian lebih jauh terhadap efek samping dari temulawak untuk ibu hamil dan menyusui.

Khasiat dan Manfaat Tanaman Obat Temulawak | indoherba | 4.5
error: Content is protected !!