Penyebab Gejala dan Pengobatan Kolesterol Tinggi

indoherba.net – Selama ini istilah kolesterol lebih identik sebagi penyakit yang berkaitan dengan kadar lemak yang akan menyumbat pada peredaran darah. Kolesterol bergerak melalui aliran darah dalam bentuk lipoprotein. Lipoprotein terbuat dari lemak di bagian dalamnya dan protein di bagian luarnya.Sejatinya kolesterol adalah lemak yang berada di tubuh. Baik itu penggunaanya untuk membuat hormon dan proses tubuh lainnya.

Kolesterol dibawa oleh dua jenis lipoprotein ke seluruh tubuh, yaitu:

  1. Low density lipoprotein (LDL) atau  kolesterol jahat – Penumpukan HDL yang tinggi dalam pembuluh darah arteri (yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh) tersumbat dapat menyebabkan penyakit jantung atau stroke.
  2. High density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik – Jumlah HDL yang lebih tinggi daripada LDL dalam tubuh merupakan hal yang baik untuk kesehatan dan dapat membantu mencegah dari penyakit kronis.

Nilai LDL dan HDL Normal

Kadar kolesterol dalam darah setidaknya diukur sekali setiap lima tahun, tes ini disebut dengan profil lipid. Tes profil lipid menunjukkan jumlah kolesterol total yang ada dalam tubuh, jumlah LDL, jumlah HDL, dan jumlah trigliserida.

Panduannya adalah sebagai berikut :

  • Kadar kolesterol total yang baik dalam darah adalah kurang dari 200 mg/dl, termasuk dalam kategori tinggi bila kadarnya mencapai 240 mg/dl atau lebih.
  • Kadar LDL yang baik dalam darah adalah kurang dari 100 mg/dl, dan akan membahayakan kesehatan jika kadarnya mencapai 160 mg/dl atau lebih.
  • Kadar HDL yang baik dalam tubuh adalah 40 mg/dl atau lebih, dan dapat dikatakan rendah jika kadarnya kurang dari 40 mg/dl.
  • Kadar trigliserida yang baik dalam darah adalah kurang dari 150 mg/dl, dan termasuk dalam kategori tinggi jika kadarnya mencapai 200 mg/dl atau lebih.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Penyebab dari kolesterol tinggi baik itu untuk kadar LDL dan HDL dalam tubuh dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, di antaranya adalah:

  • Konsumsi makanan – LDL akan meningkat jika mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Seperti ayam dengan kulit, goreng-gorengan, daging berlemak, dan makanan cepat saji.
  • Obesitas – Orang dengan berat badan berlebih kecenderungan mempunyai kadar LDL yang tinggi.
  • Faktor usia – Dengan bertambahnya usia maka resiko naik kadar LDL-nya akan semakin tinggi. Hal tersebut dipengaruhi oleh perubahan fungsi dan metabolisme tubuh yang makin menurun.
  • Kurang aktivitas olahraga – Olahraga ternyata dapat meningkatkan kadar HDL dan juga membuat LDL menjadi kurang aktif.
  • Faktor riwayat keluarga – Genetik juga memengaruhi kadar kolesterol dalam darah, bahkan dapat sangat memengaruhi dibandingkan dengan faktor lainnya.

Gejala Kolesterol Tinggi

Sebenarnya tidak ada tanda maupun gejala khusus yang ditimbulkan jika seseorang memiliki kondisi ini. Namun melalui pemeriksaan kadar HDL dan LDL merupakan satu-satunya cara agar dapat mengetahui apakah Anda mempunyai kadar kolesterol tinggi atau masih dalam batas normal.

Kolesterol tinggi menjadi penyebab dari beberapa penyakit kronis yang berbahaya bagi tubuh. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan aterosklerosis, terjadi penumpukan plak di dinding pembuluh darah arteri. Yang menyebabkan penyumbatan aliran darah sebagian atau seluruhnya dan menyebabkan penyakit jantung koroner.

Dengan bertambahnya waktu makan plak akan semakin membesar dan dapat membuat penyumbatan yang menghalangi peredaran darah dari dan ke jantung. Sehingga kemungkinann untuk serangan jantung sewaktu-waktu akan meningkat. Selain itu penyumbatan pembuluh darah akan menyebabkan beberapa penyakit seperti : penyakit arteri karotid, penyakit arteri perifer, dan stroke.

Pengobatan Kolesterol Tinggi

Selain penggunaan obat-obatan penurun kadar kolesterol, dapa pula di upayakan cara-cara yang mudah dan bermanfaat dalam proses pengobatan kolesterol tinggi. Sebagian besar penyakit akan dianjurkan untuk merubah gaya hidup menjadi gaya hidup sehat. Apa saja caranya??

Ubah kebiasaan makan Anda – Obat kolesterol alami yang paling ampuh adalah dengan memerhatikan makanan yang Anda makan. Pasalnya, kadar HDL dan LDL dalam tubuh dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Untuk itu, Anda perlu mengontrol asupan makanan yang Anda makan agar kadar HDL dan LDL tetap terjaga. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans tinggi. Kedua jenis lemak ini dapat meningkatkan LDL dalam darah. Contoh makanan yang harus dihindari atau dibatasi konsumsinya adalah jeroan, daging berlemak, mentega, krim, makanan berminyak atau yang digoreng, susu tinggi lemak, dan lainnya. Berbagai makanan-makanan tersebut bisa jadi obat kolesterol alami.

Menurunkan berat badan – Orang dengan berat badan berlebih cenderung memiliki LDL yang lebih tinggi dibandingkan HDL. Hal ini karena biasanya orang gemuk sering makan berlebihan dan jarang melakukan olahraga. Agar terhindar dari kolesterol tinggi, maka disarankan agar Anda menurunkan berat badan jika Anda mempunyai berat badan berlebih. Ya, menurunkan berat badan merupakan salah satu obat kolesterol alami yang ampuh. Tak perlu menurunkan berat badan sampai kurus. Cukup turunkan berat badan Anda sampai mencapai berat badan normal. Efek penurunan berat badan ini sangat positif sekali terhadap kadar LDL dan HDL Anda. Penurunan berat badan 5 kg saja sudah mampu mengurangi kadar kolesterol sampai 8 persen. Lakukan penurunan berat badan ini dengan cara sehat, sehingga tidak hanya berat air yang berkurang tapi juga berat lemak. Anda cukup menargetkan penurunan berat badan Anda sebesar 0,5-1 kg per minggu.

Lakukan olahraga teratur – Agar Anda dapat menurunkan berat badan, Anda harus melakukan olahraga secara teratur. Selain itu, olahraga teratur juga dapat membantu meningkatkan kadar HDL serta menurunkan kadar LDL dan trigliserida. Hal inilah yang membuat olahraga bisa jadi obat penurun kolesterol alami. Lakukan olahraga setidaknya 30 menit per hari atau 150 menit per minggu agar manfaat ini bisa Anda rasakan.

Berhenti merokok – Merokok dapat menurunkan HDL dalam tubuh, sehingga kadar LDL bisa terus meningkat. Selain itu, merokok juga dapat melukai dinding pembuluh darah Anda. Berhenti merokok juga bisa jadi obat kolesterol alami yang dapat membantu mengendalikan koleseterol tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok jika Anda ingin terhindar dari berbagai penyakit akibat kolesterol tinggi.

Hindari stres – Saat stres, ternyata kadar LDL bisa meningkat, loh. Untuk itu, sebagai obat penurun koleseterol alami Anda sebaiknya menghindari stres. Temukan aktivitas yang menyenangkan yang bisa membuat diri Anda tenang, sehingga terhindar dari stres. Selain itu, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan tidur Anda. Kurang tidur bisa membuat tubuh stres.

Beberapa makanan untuk membantu menurunkan kadar LDL yang tinggi adalah:

  • Alpukat
  • Minyak zaitun
  • Kacang kenari, almond, mede, kedelai, dan kacang-kacangan lainnya
  • Ikan salmon, ikan tuna, sarden, ikan herring, atau ikan kaya omega-3 lainnya (tapi, sebaiknya jangan diolah dengan cara digoreng)
  • Makanan tinggi serat seperti beras merah, oatmeal dan makanan dari gandum utuh
  • Sayuran dan buah

Obat-obatan Penurun Kadar Kolesterol

Menurunkan kolesterol tinggi dengan obat kolesetrol statin cara menurunkan kolesterol lainnya adalah dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol. Obat penurun kolesterol dapat menurunkan LDL dengan cepat. Hanya saja penggunaan nya yang berlebihan dapat menyebabkan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, sehingga beresiko untuk menjadikan komplikasi. Salah satu obat kolesterol tinggi yang sering digunakan adalah statin, termasuk atorvastatin, lovastatin, simvastatin, pravastatin, danrosuvastatin.

Efek samping paling umum dari penggunaan obat penurun kolesterol ini adalah pusing, nyeri otot, masalah pencernaan, nyeri sendi, diabetes mellitus tipe 2, juga kerusakan otot dan hati.

Penggunaan suplemen sebagai obat herbal kolesterol

Suplemen yang dapat dijadikan obat herbal kolesterol adalah sebagai berikut :

  1. Nutrinext Kapsul – Dengan paduan ekstrak beras merah, apel hijau dan green coffee menjadikan obat herbal nutrinext kapsul membantu penyakit kolesterol. Khasiat yang terdapat ketiga bahan mampu membantu penyembuhan yang tidak terdapat dalam obat lain yang beredar di pasaran.
  2. Minyak ikan – Kadar omega-3 pada minyak ikan, terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida hingga 30 persen, meminimalisir pembekua, dan  pembengkakan darah, juga meningkatkan kolesterol baik (HDL).
  3. Niacin – Merupakan suplemen vitamin B yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL) hingga 30 persen.
  4. Psyllium –Yang lebih dikenal  dengan nama Plantago ovata merupakan tanaman yang hanya tumbuh di India. Herbal ini telah lama dikonsumsi sebagai suplemen yang berasal dari sumber serat makanan alami.
Penyebab Gejala dan Pengobatan Kolesterol Tinggi | indoherba | 4.5
error: Content is protected !!