Manfaat dan Khasiat Tanaman Obat Herbal Alami

indoherba.net – Bersyukurlah negara Indonesia dikarunia kekayaan hayati yang begitu beragam, tanaman dan tumbuhan yang ada di tanah ini menjadi kelebihan tersendiri yang bisa bermanfaat dan berguna. Dengan banyaknya obat tradisional dan jamu yang sudah dikenal bangsa ini sejak dahulu tentunya menggunakan berbagai jenis tanaman dan tumbuhan. Banyak tanaman dan tumbuhan yang bisa digunakan sebagai tanaman obat baik dari akar, batang, daun, juga buahnya dengan menggunakan metode tradisional lebih terjangkau dan sebagai obat alternatif.

Dengan mengetahui berbagai tanaman obat yang berkhasiat mengobati penyakit akan menghilangkan ketergantungan pada obat-obatan kimia.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Obat

Berbagai tanaman yang ada disekeliling dan bisa dimanfaatkan untuk pengobatan alternatif dan mudah didapatkan juga pengolahan yang mudah. Berikut beberapa tanaman obat dan khasiat yang dimiliki untuk mengobati penyakit, antara lain :

Tanaman Obat Daun Ajeran – Tanaman liar dengan naman latin Bidens pilosa L yang banyak tumbuh di sekitar kebun dan pagar. Manfaat dari daun ajeran adalah untuk menurunkan demam dengan cara merebus dan meminum air rebusannya. Untuk mencuci mata dengan merebusnya dan tunggu sampai air rebusan dingin baru digunakan untuk mencuci mata.
Tanaman Obat Akar Alang-alang – Sebagai salah satu bahan membuat obat tradisional yang mempunyai banyak manfaat diantarnya adalah untuk obat panas dalam, mengatasi sakit ginjal, mengatasi mimisan, kencing batu, keputihan dan manfaat lainnya. Anda juga bisa menggabungkan tanaman ini dengan tanaman obat lainnya sehingga menciptakan obat yang ampuh untuk menghilangkan penyakit.

Tanaman Obat Akar Manis – Akar manis memiliki nama latin Glycyrrhiza Glabra L sudah banyak digunakan untuk mengobati penyakit tukak lambung, penyakit darah tinggi, dan penyakit batuk. Akar manis mengandung beberapa zat seperti Glikosida Likuiritin, Glisirhisin, Umbeliferona, Saponin, Glukosa, Asparagin, dan Glabrolida.

Tanaman Obat Akar Wangi – Selain akarnya bagian batang dan daun tanaman ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Memiliki kandungan vetiveron, asam vetivena, vetiverol, dan vetiverol ester yang ada di dalam tanaman ini sangat baik untuk kesehatan. Manfaat dari tanaman ini adalah untuk mengobati rematik, pegel linu, batu ginjal, panas demam, serta bisa digunakan untuk mengobati bau mulut dan bau badan.

Tanaman Obat Alpukat – Buah ini sering digunakan untuk masker kecantikan dan juga bahan obat. Manfaat dari alpukat diantaranya adalah untuk mengobati penyakit diabetes, pencegahan penyakit kanker, menurunkan kolestrol, kesehatan jantung, mengobati sakit maag dan juga sebagai minuman kesehatan yang mengandung berbagai vitamin.

Tanaman Obat Daun Andong – Manfaat tanaman obat daun andong diantaranya adalah sebagai obat batuk berdarah, urine berdarah, haid terlalu banyak, obat diare atau disentri, mengatasi wasir, obat luka akibat sengatan binatang berbisa, mengobati radang gusi.

Tanaman Obat Belimbing Wuluh – Sering disebut belimbing sayur ternyata belimbing wuluh bermanfaat untuk mengobati gusi berdarah, obat rematik, obat godongan, obat sariawan, obat pegel linu serta bisa digunakan sebagai obat sakit gigi.

Tanaman Obat Daun Beluntas – Daun beluntas ini bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal yang ampuh untuk mengatasi bau badan, pegel linu, menghilangkan bau mulut, mengobati keputihan, mengobati rematik, perut kembung, dan mengilangkan nyeri pinggang.

Tanaman Obat Daun Bidara – Daun yang sudah banyak diketahui memiliki banyak manfaat diantaranya sebagai obat diabetes, menurunkan demam, mengatasi nyeri perut dan kencing, anti oksidan, juga mengatasi nyeri sendi.

Tanaman Obat Daun Binahong – Tanaman menjalar yang satu ini tumbuh di sekitar rumah, memiliki manfaat yang beragam mulai dari mengobati penyakit maag, mengobati luka, mengobati sakit paru-paru, melancarkan haid, dan menghilangkan jerawat.

Tanaman Obat Brotowali – Hampir semua bagian dari tanaman ini bisa digunakan sebagai obat mulai dari daun, batang dan akarnya. Khasiat dari brotowali yakni bisa digunakan untuk mengobati rheumatik sendi, rheumatic arthritis, demam kuning, demam, malaria, kencing manis, diabetes, serta penyakit luar seperti memar, kudis, dan luka.

Tanaman Obat Daun Cincau – Daun cincau pada umunya ada 2 jenis yakni yang berwarna hijau dan hitam, keduanya memiliki rasa yang sama-sama lezat. Manfaat dari tanaman obat yang satu ini adalah sebagai obat demam, obat diabetes militus, radang lambung, dan mengobati sakit types.

Tanaman Obat Ciplukan – Buah dengan nama latin Physalis angulata bisa dengan mudah didapatkan di persawaan atau ladang. Dewasa ini ternyata buah ini terkanal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Buah ini ternyata mempunyai khasiat untuk obat untuk penyakit asma, sakit tenggorokan, mengobati kencing manis, kanker payudara, sakit paru-paru dan lain sebaginya.

Tanaman Obat Daun Tempuyung – Daun tempuyung rasanya pahit, tapi bersifat mendinginkan. Manfaat dari tanaman obat keluarga ini memiliki banyak sekali manfaat diantarnya untuk mengobati bisul, kencing batu, darah tinggi, obesitas, radang payudarah, wasir, darah tinggi, dan asam urat.

Tanaman Obat Daun Dewa – Daun dewa memiliki beragam manfaat salah satunya mengobati penyakit kanker, tekanan darah tinggi, wasir, diabetes militus, dan pendarahan, mengobati luka memar, pembersih racun, serta berbagai manfaat lainnya.

Tanaman Obat Jarak – Daun, buah, bahkan biji jarak dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit. Daun jarak memiliki khasiat untuk mengobati penyakit gatal-gatal, luka berdarah, jamur pada kulit, rematik, dan bengkak karena luka, mengobati perut kembung pada anak.

Tanaman Obat Jahe – Jahe merupakan tanaman rempah yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah bagian akar. Khasiat dari tanaman jahe adalah sebagai antibakteri, pereda rasa sakit dan radang, membantu pencernaan, mengobati batuk dan sakit tenggorokan, dan kombinasi jamu pelangsing.

Tanaman Obat Jinten – Daun jinten mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, diantaranya untuk mengobati perut kembung, obat sakit kepala, mengobati penyakit ayan, menyuburkan ASI, mengobati rematik, serta mengembalikan kekebalan tubuh.

Tanaman Obat Keji Beling – Tanaman yang bayak tumbuhh di pekarangan rumah ini memiliki beragam manfaat, banyak mengandung zat penting seperti fosfor, natrium, kalsium dan kalium, polifenol dan flavonoid, saponin dan tanin. Manfaat tanaman keji beling bisa digunakan sebagai obat batu ginjal, diare, menurunkan kolestrol, liver, maag, dan mengobati kencing manis.

Tanaman Obat Daun Kelor – Daun kelor memiliki kandungan yang baik seperti tanaman apotik hidup, Teh yang dibuat dari daun kelor mengandung polyphenol yang tinggi, dengan demikian akan bekerja sebagai antioksidan. Manfaat antioksidan ini akan mendetoksifikasi tubuh manusia dan bahkan mendukung dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh, Juga untuk mengobati penyakit jantung, mengobati diabetes, juga rematik.

Tanaman Obat Kumis Kucing – Tanaman yang mempunyai nama latin Orthosiphon aristatus ini sudah lama dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat menyembuhkan penyakit kencing batu. Tanaman ini juga berkhasiat untuk mengobati rematik, asam urat, batuk, masuk angin, diabetes, dan hipertensi.

Tanaman Obat Kunyit – Kunyit merupakan tanaman rempah yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah bagian akar. Khasiat dari tanaman kunyit adalah sebagai penambah nafsu makan, antiperadangan, mengobati asam lambung, mengurangi rasa sakit, mengobati mual dan diare.

Tanaman Obat Lidah Buaya – Selain fungsi utamanya untuk kesehatan rambut, menghilangkan jerawat, dan kecantikan tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengobati serangan jantung, diabetes, radang tenggorokan, sembelit, dan masih banyak lagi.

Tanaman Obat Daun Pegagan – Daun ini sudah banyak digunakan sebagai obat, Daun dan batang merupakan salah satu bagian yang digunakan sebagai obat. Manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman obat ini adalah untuk menyembuhkan luka luar, mengurangi kecemasan, sebagai antioksidan, untuk bahan obat tradisional dan herbal.

Tanaman Obat Daun Salam – Tanaman bernama latin Syzygium polyanthum memiliki khasiat untuk obat antijamur, obat anticacing, mengatasi masalah pencernaan, menyehatkan mata, mengobati infeksi ginjal & mencegah batu ginjal, meringankan nyeri.

Tanaman Obat Daun Sambiloto – Sambiloto merupakan tanaman herbal yang sudah digunakan sejak dulu untuk mengobati berbegai penyakit. Daun sambiloto bisa digunakan sebagai obat untuk menurunkan panas badan, memperlancar air seni, obat sakit perut, dan untuk mengobati kencing manis.

Tanaman Obat Daun Sirih – Daun sirih tentunya sudah tidak asing, sebagai salah daun yang cukup populer tentunya memiliki beberapa manfaat seperti menghentikan mimisan, mengobati tukak lambung, gusi berdarah, mengobati sakit perut juga, sebagi obat tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi.

Tanaman Obat Daun Sirsak -Selain dari buahnya yang sangat enak, ternyata daun sirsak dapat diberdayakan sebagai obat alternatif. Dengan cara direbus dan dikonsumsi daun sirsak mampu mengobati asam urat, kista ovarium, menurunkan kadar kolesterol dan diabetes, juga meningkatkan kesuburan.

Tanaman Obat Temu Lawak – Temulawak merupakan tanaman rempah yang memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Bagian yang sering dimanfaatkan adalah bagian akar. Khasiat dari tanaman temulawak adalah untuk penambah nafsu makan, mengatasi gangguan ginjal, melancarkan pencernaan, menyehatkan jantung, dan menjaga kesehatan hati.

Itulah beragam tanaman obat herbal alami yang dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif yang murah dan bermanfaat tanaman obat dan khasiatnya, semoga bisa menambah pengetahuan bagi Anda yang ingin menggunakan obat-obatan alami dan menghilangkan ketergantungan terhadap obat kimia.

Manfaat dan Khasiat Tanaman Obat Herbal Alami | indoherba | 4.5
error: Content is protected !!