Penyebab Gejala dan Pengobatan Varikokel

Penyakit Varikokel adalah pembengkakan pada pembuluh vena di dalam kantong zakar atau skrotum. Penyakit ini hampir mirip dengan penyakit varises. Tapi, penyakit ini dihubungkan dengan adanya peningkatan tekanan darah dalam pembuluh darah yang berada di skrotum atau kantong zakar. Pembengkakan ini akan berkembang secara bertahap menjadi sebuah benjolan lunak diatas buah zakar dan sering kali pada sisi kiri skrotum. Ukuran benjolan varikokel bermacam-macam, ada yang bisa dilihat secara kasat mata dan ada juga yang baru bisa diketahui setelah diraba.

Gejala Penyakit Varikokel Berat dan Ringan

Secara spesifik untuk gejala yang ada memang tidak terlalu terlihat. Varikokel umumnya bersifat jinak, nonkanker, dan merupakan kondisi yang biasa terjadi selama masa pubertas, yaitu pada usia 15-25 tahun. Penyebab pasti varikokel belum bisa diketahui, namun dipercaya muncul akibat kelainan pada pembuluh vena yang menyebabkan terjadinya penumpukan darah dan menimbulkan pembengkakan pada scrotum. Kebanyakan gejala dari penyakit ini adalah berada pada bagian kantong zakar atau skrotum. Jika saja terdapat gejala varikokel, biasanya yang sering terjadi adalah:

  • Rasa sakit pada bagian skrotum atau kantung zakar
  • Pembesaran pembuluh pena pada skrotum. Biasanya pembengkakan terjadi di bagian kiri, sejalur dengan pembuluh vena yang berada pada kantong zakar

Namun jika varikokel telah menyebabkan ketidaknyamanan, rasa sakit, penyusutan testis, atau gangguan kesuburan, maka sebuah tindakan penanganan harus segera dilakukan. Tindakan penanganan ini bisa dimulai dengan berupa mengonsumsi paracetamol sebagai pereda rasa sakit atau menggunakan celana dalam khusus.

Komplikasi Penyakit Varikokel

Akibat dari penyakit varikokel dapat menjadi berbahaya bagi kesehatan. Komplikasi yang dapat terjadi pada penderita dan membahayakan kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Penyusutan Testis
  • Kemandulan

Ketika sudah merasakan gejala dari penyakit varikokel segera lakukan pengobatan. Karena jika tidak dibiarkan saja dapat berakibat fatal dan bisa menyebabkan komplikasi. Nutrinext Kapsul adalah saran penyembuhan yang paling tepat untuk sebagai obat varikokel.

Pengobatan Varikokel

Untuk pengobatan varikokel ada beberapa cara diantaranya dengan menggunakan obat herbal, dan tanaman tradisional yang memang baik untuk pengobatan penyakit yang berkaitan dengan melancarkan pembuluh darah.

Obat Herbal – Untuk penggunaan produk herbal pada penyakit varikokel dapat menggunakan Nutrinext Kapsul Obat Varikokel salah satunya.

Tanaman Obat – Untuk jenis tanaman obat dengan Tanaman Obat Daun Sirsak dan Tanaman Obat Daun Dewa.

Semoga Bermanfaat

Penyebab Gejala dan Pengobatan Varikokel | indoherba | 4.5
error: Content is protected !!